Muhammad Hidayat

Laki-laki, 17 tahun

Barru, Sul-Sel, Indonesia

• Sekalipun itu ditempatkan di telapak tangan kita... Bukan berarti kita dapat menggenggamnya #Conan Edogawa.
::
Start
ROCKET7™
Shutdown

Navbar3

Search This Blog

Loading...

Materi Administrasi Perkantoran untuk SMK


Materi Administrasi Perkantoran untuk SMK
SK: Mengoperasikan Aplikasi Perangkat Lunak
KD: 1. Mendeskripsikan Aplikasi Perangkat Lunak
Teknologi komputer telah menjadi kebutuhan pokok dalam kehidupan kita sehari-hari. Segala hal yang kita temui tidak lepas dari teknologi komputer yang telah berkembang menjadi lebih canggih dari masa ke masa. Bila kita telusuri, semua bidang dan aspek kehidupan telah menggunakan komputer sebagai alat bantu meringankan pekerjaan manusia dan sebagai ilmu pengetahuan, misalnya dalam bidang pendidikan, bidang pekerjaan, dalam pemerintahan, kepolisian, keuangan dan bahkan militer. Oleh karena itu, kita tidak akan mungkin dapat mengikuti kemajuan dan tuntutan zaman bila kita jauh dari komputer.
Seperti telah kita ketahui, komputer terdiri atas brainware, hardware, dan software. Pada bahasan ini, hanya akan diuaraikan kembali secara singkat mengenai software/perangkat lunak, khususnya perangkat lunak aplikasi yang lazim digunakan di lingkungan perkantoran.
Perangkat lunak adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasi, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, perangkat lunak merupakan bagian sistem komputer yang tidak berwujud.
Perangkat lunak aplikasi (software aplication) merupakan perangkat lunak yang siap digunakan untuk keperluan tertentu. Perangkat lunak aplikasi merupakan bagian perangkat lunak yang sangat banyak dijumpai dan terus berkembang. Sebelum tahun 1990-an aplikasi yang dikenal yaitu pengolah kata (Word Star, Chi Write), pemroses tabel (Lotus 123, Quatro Pro), database (DBASE), dan hiburan (game). Pada perkembangannya pengolah kata, tabel dan database saat ini telah dibundel menjadi aplikasi office dengan tambahan aplikasi untuk pembuatan presentasi.
Beberapa aplikasi yang digabung bersama menjadi suatu paket disebut sebagai suatu paket atau suit aplikasi (application suite). Contohnya adalah Microsoft Office dan OpenOffice.org, yang menggabungkan suatu aplikasi pengolah kata, lembar kerja, serta beberapa aplikasi lainnya. Aplikasi-aplikasi dalam suatu paket biasanya memiliki antarmuka pengguna yang memiliki kesamaan sehingga memudahkan pengguna untuk mempelajari dan menggunakan tiap aplikasi. Sering kali, mereka memiliki kemampuan untuk saling berinteraksi satu sama lain sehingga menguntungkan pengguna. Contohnya, suatu lembar kerja dapat dibenamkan dalam suatu dokumen pengolah kata walaupun dibuat pada aplikasi lembar kerja yang terpisah. Contoh Suit Aplikasi antara lain Microsoft Office 2010 dan OpenOffice.org 3
Aplikasi perangkat lunak yang banyak dipergunakan di kantor-kantor dewasa ini adalah Microsoft Office. Edisi terbaru dari Microsoft Office adalah Microsoft Office 2010. Tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan software aplikasi ini. Namun yang perlu diperhatikan adalah keaslian dari software yang kita gunakan, sebab banyak sekali ditemui penggunaan aplikasi yang tidak memiliki lisensi yang asli atau bajakan. Padahal, berdasarkan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta penggunaan software aplikasi bajakan jelas dilarang. Oleh karenanya, kita harus memiliki lisensi yang asli untuk menggunakan sebuah software aplikasi.
Alternatif solusi dari permasalahan di atas, selain membeli software yang asli kita bisa menggunakan software aplikasi yang gratis (open source). Kita bebas menggunakan, mengembangkan, menggandakan, dan mendistribusikan open source software tanpa akan dipidanakan karena melanggar undang-undang hak cipta.
Perangkat lunak aplikasi membuat kita dapat mengerjakan tugas tertentu seperti memecahkan masalah, mengerjakan tugas, atau sekedar mencari hiburan. Perangkat lunak aplikasi ini terbagi atas beberapa kelompok, yaitu:
  1. Office Application
  2. Multimedia Application
  3. Internet Application
Contoh aplikasi perangkat lunak perkantoran yang banyak digunakan beserta kegunaannya antara lain sebagai berikut.
1.       Aplikasi Pengolah Kata (Word Processing)
Pengolah kata umum digunakan untuk menggantikan tugas pengetikan yang sering dilakukan. Selain dapat melakukan format pengetikan seperti penomoran, pengaturan spasi, margin (jarak pinggir kertas), jenis huruf (font), pengolah kata juga dapat melakukan proses pengecekan kata bahkan kalimat. Bahkan kita dapat menggunakan fungsi otomatis seperti membuat daftar isi, daftar table, daftar gambar, dan daftar pustaka secara otomatis melalui style and formatting, caption, dan citation.
Jenis pekerjaan perkantoran yang lazim menggunakan aplikasi pengolah kata antara lain pembuatan proposal, laporan, makalah, surat, memo, notula rapat, dan sebagainya.

Contoh aplikasi pengolah kata versi terbaru antara lain Microsoft Office Word 2010 dan OpenOffice.org Writer 3/Text Document.
2.       Aplikasi Lembar Kerja/Tabel (Spreadsheet)
Pengolah tabel biasanya digunakan untuk melakukan perhitungan yang menggunakan tabel (tabulasi). Fungsi standar yang digunakan adalah penjumlahan di suatu range dalam baris atau kolom tertentu, atau fungsi lainnya seperti pengurangan, pencarian nilai rata-rata, maksimal, minimal, atau fungsi statistik lainnya serta dapat digunakan untuk mengolah, mengurut, dan menyaring data melaui fungsi lookup, sort, dan filter. Automasi pengolahan dapat dilakukan dengan menggunakan macro, misalnya fungsi untuk mengkonversi bilangan dari angka menjadi huruf.
Pekerjaan perkantoran yang lazim menggunakan aplikasi lembar kerja antara lain penyusunan laporan keuangan, kas kecil, pengolahan data karyawan, dan pekerjaan lain yang membutuhkan tabulasi dengan fungsi perhitungan.
 
Contoh aplikasi spreadsheet versi terbaru adalah Microsoft Office Excel 2010 dan OpenOffice.org Calc 3/Spreadsheet.
3.       Aplikasi Presentasi (Presentation)
Dalam menyampaikan sebuah presentasi, biasanya kita menggunakan Overhead Projector (OHP). Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, penggunaan OHP mulai digantikan oleh komputer dan LCD Projector. Perangkat ini bertujuan memberi kemudahan kepada kita dalam menyampaikan sebuah presentasi. Untuk membuat naskah presentasi tersebut, digunakan perangkat lunak presentasi. Keuntungan dari penggunaan perangkat ini adalah memudahkan kita dalam mengedit atau merubah naskah presentasi. Selain itu, kita bisa menambahkan desain dan animasi yang menarik dalam presentasi kita
 
Contoh aplikasi presentasi versi terbaru adalah Microsoft Office PowerPoint 2010 dan OpenOffice.org Impress 3/Presentation.
4.       Aplikasi Pengolah Basis Data (Database)
Contoh software aplikasi basis data adalah Microsoft Office Access 2010 dan OpenOffice.org Database 3. dengan software ini kita dapat membuat sebuah data base seperti data karyawan, data siswa, data penjualan, dan lain-lain secara terintegrasi.

Contoh aplikasi basis data Microsoft Office Acces
5.       Aplikasi Pengolah Gambar Sederhana (Picture Manager)
Untuk mengolah gambar secara sederhana kita dapat menggunkan aplikasi Microsoft Office Picture Manager atau OpenOffice.org Drawing.
 
6.      Aplikasi Pengelola Surat Elektronik, Jadwal, Rapat, dan Program Kerja (e-Mail, Schedule, Meeting, and Task Manager)
Pekerjaan perkantoran erat kaitannya dengan surat-menyurat, penyusunan jadwal kegiatan, agenda kegiatan pimpinan, penyelenggaraan rapat, dan penyusunan program kerja. Pekerjaan-pekerjaan tersebut dapat dilakukan secara otomatis dengan menggunakan software aplikasi Microsoft Office Outlook atau kita dapat menggunakan Evolution Mail & Calendar untuk software open source-nya.
 
7.       Aplikasi Multimedia
Aplikasi multimedia diperlukan untuk mendukung suasana kerja yang menyenangkan. Software ini juga diperlukan untuk mendukung sebuah presentasi. Yang termasuk dalam kategori aplikasi ini antara lain pemutar musik dan pemutar video. Contoh aplikasi multimedia antara lain Windows Media Player, Winamp, atau kita dapat menggunakan iTune dan Quicktime dalam versi gratisnya.
8.       Aplikasi Internet
Perangkat lunak yang berhubungan dengan internet sangat berkaitan dengan aplikasi internet. Aplikasi Internet adalah protokol yang digunakan untuk berhubungan antara satu orang atau mesin dengan pihak lain yang berjauhan. Aplikasi internet akan menyangkut dua sisi, yaitu sisi penyedia (server) atau sisi pengguna (client). Contoh aplikasi internet dan perangkat lunak dari sisi pengguna yang umum di gunakan adalah:
a)       Bowser
Browser digunakan untuk membuka dan melihat sebuah halaman web. Berbagai informasi dapat kita perelah dari jutaan web-site yang ada di dunia ini. Contoh dari browser yang sering digunakan antara lain Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, dan Safari.
b)      E-mail
E-mail merupakan aplikasi surat menyurat di internet. Setiap orang memiliki alamat e-mail, dan bisa saling bertukar dokumen satu sama lain. Contoh perangkat lunaknya adalah Outlook Express dan Evolution Mail.
c)       Messenger
Messenger digunakan untuk berkomunikasi (chatting) antara satu orang atau lebih (conference). Selain komunikasi melalui teks (message), juga bisa melalui suara (voice) dan video (webcam). Contoh aplikasi messenger antara lain Yahoo Messenger.

2 comments:

Anonymous said...

Mohon izin copy-paste..

Muhammad Hidayat said...

silahkan gan tapi jangan lupa hormati sesama blogger dengan mencantumkan sumber.. terimakasih..