Breaking

LightBlog

Tuesday 14 January 2014

KEWIRAUSAHAAN- Arti, Lingkup dan Bentuk Usaha

A. BENTUK USAHA
Orang-orang dalam suatu masyarakat mempunyai banyak kepentingan dan kebutuhan dan keinginan yang berbeda dalam hidup mereka. Adalah peran dari mereka yang berjiwa kewirausahaan untuk mengidentifikasikan kepentingan, keperluan dan keinginan tersebut dan menetapkan usaha bisnis tertentu dimana kepentingan, keperluan dan keinginan itu dapat dipenuhi. Semua usaha bisnis memberikan imbalan yang memuaskan bagi mereka yang berhasil mendirikannya.
Istilah yang digunakan untuk menggolongkan usaha termasuk swasta, publik, formal, informal, perorangan, masyarakat , lokal, asing, kecil, besar, bisnis, sosial, manufaktur, dan jasa, biasa atau industri. Perusahaan yang sukses, apapun sifatnya, memberikan pendekatan yang tidak bisa ditolak dan berharga yang memberikan kontribusi pada penyediaan solusi bagi masalah, selain juga memenuhi keperluan dan keinginan yang dikehendaki. Perbedaan utama antara semua jenis usaha terletak pada keuntungan yang diberikannya. Usaha bisnis menyediakan keuntungan selain imbalan, sedangkan usaha non-bisnis menyediakan jenis imbalan lain yang dapat berupa fisik maupun psikologis. Mereka yang berjiwa kewirausahaan akan melibatkan diri dalam usaha tergantung pada imbalan yang diharapkan dari usaha itu.
Usaha khusus dalam masyarakat mempunyai potensi untuk memperoleh manfaat dari kehadiran semua usaha lainnya. Output dari salah satu usaha biasanya menjadi masukan untuk usaha lain, dan ini membantu dalam peredaran uang antara usaha dan didalam masyarakat. Semakin banyak uang yang beredar dalam masyarakat, semakin makmur masyarakat itu. Sifat sinergis dari semua usaha dalam masyarakat menciptakan lingkungan dimana terdapat banyak peluang untuk dieksploitasi oleh mereka yang berjiwa kewirausahaan. Maka tergantung orang-orang inilah untuk mengidentifikasikan peluang yang tersedia dan memanfaatkannya. Hampir semua masyarakat mempunyai banyak peluang yang belum dimanfaatkan yang dapat menambah sinergi ini jika dikendalikan secara benar, untuk menciptakan bahkan lebih banyak peluang bagi semua orang.
Selama pelatihan dan pendidikan, laki-laki dan perempuan memperoleh ketrampilan berbeda yang menuju ke karier yang berbeda. Ketrampilan itu diterapkan dalam perdagangan, jasa, manufaktur, pengolahan makanan, rekreasi, informasi dan komunikasi, dan bentuk usaha lain. Ketrampilan yang diperoleh adalah aset besar yang  dapat dibanggakan oleh laki-laki dan perempuan. Keberadaan berbagai jenis usaha di dalam masyarakat Anda memberikan peluang untuk menerapkan ketrampilan yang telah diperoleh selama pelatihan Anda. Semua jenis ketrampilan yang dipelajari mempunyai kesempatan untuk diterapkan jika dicari peluang pada semua jenis usaha. Adalah normal bagi laki-laki dan perempuan untuk mempertimbangkan kesesuaian nilai-nilai pribadi, kepentingan dan harapan dengan jenis usaha dimana mereka ingin terlibat. Namun, jika diambil terlalu jauh, ini dapat membatasi peluang Anda.
Inti atau pesan kunci diatas adalah untuk memberikan pengertian bahwa Anda telah mulai dengan cara yang benar dengan memperoleh ketrampilan. Langkah berikutnya adalah untuk waspada dan mengevaluasi banyaknya usaha di masyarakat Anda dan mengamati sifat sinergi potensialnya. Langkah terakhir adalah untuk mengidentifikasi bagaimana ketrampilan yang Anda peroleh dapat diterapkan atau dimanfaatkan dalam berbagai usaha yang mungkin. Maka Anda dapat melakukan apa yang dapat Anda lakukan, dengan apa yang Anda dimiliki, dimana Anda berada, dan tetap berhasil.

B. Arti dan Lingkup Usaha


Dalam pengertian sempit, Usaha adalah kegiatan yang menghasilkan uang. Dalam pengertian luas usaha adalah suatu ide yang diwujudkan dalam suatu rencana dan dilaksanakan dalam suatu kegiatan. Secara sederhana, setiap kegiatan dapat diartikan sebagai usaha jika dilaksanakan melalui langkah-langkah: 1). Mencari ide, 2). Direncanakan, 3). Dilaksanakan, 4). Terdapat aktifitas yang jelas, 5). Adanya imbalan atau penghargaan atas kegiatan tersebut.
Anda dapat menjadi seseorang yang mempunyai jiwa kewirausahaan apabila Anda secara terus menerus mengikuti secara sistematis proses diatas dalam menghadapi tantangan-tantangan dalam kehidupan Anda. Dengan memahami konsep usaha sebagaimana pengertian di atas, Anda dapat memahami bahwa terdapat banyak orang yang mempunyai potensi kewirausahaan, dan bahkan Anda dapat mewujudkan usaha bisnis Anda sendiri. Yang membedakan apabila seseorang memiliki jiwa kewirausahaan adalah mereka yang dapat  menghadapi secara positif tantangan dan masalah yang mereka hadapi setiap hari dengan mereka yang tidak dapat menghadapinya adalah dalam pendekatan dan sikap mereka ketika menghadapi persoalan dan memecahkan masalah.
Menjadi seseorang dengan jiwa kewirausahaan dapat memberi keuntungan bagi Anda secara perorangan dan dapat pula membantu anda untuk menjadi orang yang berharga, bermanfaat di keluarga anda, kelompok, tempat bekerja dan masyarakat umum. Memiliki sifat kewirausahaan akan membuat anda mencapai banyak hal dan akan menonjol ditengah orang banyak karena sikap dan pendekatan anda yang sistematis terhadap isu-isu ataupun kejadian-kejadian yang sedang berlangsung. Dengan menggunakan pendekatan kewirausahaan Anda akan tahu apa yang akan anda lakukan dalam kondisi apapun yang perlu dihadapi . Pendekatan seperti ini akan membuat anda menghargai tantangan dalam hidup karena akan dapat mewujudkan tantangan itu menjadi hasil yang positif.
Dengan memahami konsep usaha sebagaimana pengertian di atas, anda dapat memahami bahwa, termasuk anda dapat mewujudkan usaha bisnis anda sendiri, dengan kata lain pengusaha tidak dibatasi dengan jenis kelamin, umur, kepercayaan, suku, dan atau unsur pembeda yang lain.



Untuk membantu anda menjadi seorang pengusaha, anda membutuhkan dan perlu mengingat        KE W I R A U S A H A A N dibawah ini :

 

K         Kreatif, ketrampilan, Kepemimpinan, Ketidakpastian
Pengusaha baik laki-laki dan perempuan mempunyai kemampuan atau pengetahuan yang memungkinkan mereka untuk melakukan dan menyelesaikan aktivitas. Kebanyakan mereka yang berjiwa kewirausahaan mempunyai pengetahuan yang cukup, sikap dan ketrampilan praktis untuk memimpin, berani dan mampu untuk menghadapi ketidakpastian serta memiliki kreatifitas yang tinggi dengan memanfaatkan perubahan yang terjadi serta sumber daya yang mampu dikelola.
E          Energi, Empati, Etika
Bekerja keras dengan cara yang pintar, adalah kunci dalam kewirausahaan. Banyak kekuatan mental dan fisik dibutuhkan untuk dapat menghadapi semua tantangan yang terlibat dalam memperoleh solusi bagi masalah dan untuk berhasil menyelesaikan suatu usaha. Untuk meningkatkan kekuatan, anda perlu merangsang otak dan semua indra - penglihatan, pendengaran, sentuhan, penciuman, dan rasa sehingga semua siap dalam mengenali apa yang perlu dilakukan dalam situasi yang berbeda disamping itu sikap ber-empathi degan etika yang baik juga mampu memberikan rangsangan kepada kita untuk mempu menyelesaikan masalah orang lain. Dalam rangka menjalankan kegiatan tersebut Anda perlu sehat dan fit secara fisik, dan ini bisa dicapai dengan diet yang sesuai dan latihan fisik.
W         Wawasan Luas
Wawasan yang luas terhadap segala sesuatu yang pernah diketahui dan atau dialami dalam kehidupan sehari-hari atau dengan memahami pengalaman orang lain, dapat dijadikan sebagai salah satu sumber berpikir untuk menyelesaikan masalah melalui penciptaan hal-hal yang lebih bermanfaat bagi diri sendiri maupun bagi masyarakat.
I           Ide, Inovasi, Imbalan, Inisiatif
Kemampuan untuk menerapkan ide-ide baru yang memungkinkan Anda mejalankan aktivitas secara berbeda adalah tanda lain mereka yang berjiwa kewirausahaan. Melalui inisiatif, imajinasi, intuisi dan pengetahuan individu, Anda akan dapat mengubah sesuatu atau menemukan jalan untuk mengakomodasi situasi yang baru. Apapun yang Anda hadapi. Informasi mengenai isu dan bidang yang berbeda adalah masukan yang penting untuk menjadi inovatif. Maka, laki-laki dan perempuan yang mau berusaha memberi nilai yang besar pada informasi dan mereka selalu awas dan senantiasa melakukan penelitian.
R         Rencana
Supaya dapat melihat gambar keseluruhan dari usaha dalam pengertian mengapa harus didirikan, apa yang harus dilakukan, bagaimana dapat diselesaikan, siapa yang
akan melakukannya dan kapan akan selesai, adalah perlu untuk membuat rencana tertulis. Rencana tertulis dapat menjelaskan situasi dan membantu membuat keputusan apakah akan melibatkan diri dalam kegiatan yang berakibat suatu usaha dimulai atau tidak. Dalam hal usaha bisnis, perencanaan akan memberi indikasi apakah akan terjadi keuntungan atau kerugian.
A         Adil
Seorang pengusaha perlu memiliki sifat adil dalam arti sempit mampu menjaga perlakuan diri terhadap pekerja atau orang lain sehubungan dengan hak dan kewajiban baik pada saat berinteraksi langsung maupun tidak langsung dengan pengusaha
U         Ulet
Keputusan untuk mengambil langkah dan memulai usaha atau melakukan kegiatan harus dibuat. Semua laki-laki dan perempuan yang mau berusaha membuat keputusan ini hanya setelah mereka melakukan sejumlah penelitian, sehingga pada akhirnya mereka biasanya dapat mencapai hasil sukses dan mendapatkan keuntungan. Anda selalu harus mengambil langkah pertama, karena hal ini menandai perbedaan antara yang berjiwa kewirausahaan dan mereka yang tidak. Sukses dimulai dari keputusan untuk memulai bergerak ke arah yang benar dan yang kita inginkan.
S          Supel, Sabar, Senang
Pengembangan kepribadian seseorang untuk mampu berinteraksi dengan orang lain salah satu sifat yang harus dimiliki adalah mampu berinteraksi dan memposisikan dirinya dalam lingkungan dan kondisi yang sedang berlangsung. Sabar dan tidak keberatan dan dengan senang hati untuk mendengarkan pendapat orang lain, akan mampu memberikan banyak peluang usaha dan relasi di kemudian hari.
A         Antusias
Terdapat banyak tantangan yang harus dihadapi ketika mencoba untuk mendirikan suatu usaha. Perempuan menghadapi tantangan yang spesifik, beberapa diantaranya negatif dan tidak berpihak. Untuk mewujudkan usaha yang akan memberi keuntungan yang Anda harapkan, kemampuan untuk tetap berada di jalur yang digariskan meskipun terdapat banyak tantangan di sepanjang jalan adalah penting. Kesabaran, ketehunan dan kepercayaan diri adalah beberapa sikap yang harus Anda terapkan untuk bertahan terhadap tantangan mental dan fisik yang akan Anda hadapi.
H         Hasil (laba), Hadiah
Anda yakin bahwa untuk mencapai penghargaan yang memuaskan dari pekerjaan, Anda perlu mengerjakan dan menyelesaikan tugas secara baik dan tepat waktu dengan penuh harapan dan target. Efisiensi, keefektifan dan pengaturan waktu adalah aspek penting yang membuat anda dapat menyelesaikan pekerjaan. Kemampuan


untuk berfokus pada hasil kerja membantu Anda untuk berkonsentrasi pada apapun yang Anda ingin lakukan.
A         Asa
Anda mempunyai motivasi untuk mencapai kesuksesan dan melakukan semua kegiatan Anda. Sikap dan ketajaman persepsi Anda memungkinkan Anda bekerja untuk mendapat hasil yang diharapkan setiap kali Anda berniat melakukan sesuatu. Pendekatan ini membuat Anda bekerja lebih keras daripada orang lain.
A         Akal Sehat
Akal sehat sangat penting bagi seorang pengusaha untuk selalu berpikir positif kepada orang lain, disamping agar mampu melakukan prediksi dan perencanaan yang realistis sehingga kerugian dapat dihindarkan.
N         Norma

Salah satu syarat seorang pengusaha dapat menjalankan kegiatan usahanya adalah apabila mereka mengetahui norma/aturan/kebiasaan dan mampu untuk tidak melanggarnya. Dalam pengertian formal, norma dapat dikatakan sebagai hukum yang harus dipahami oleh seorang pengusaha terkait dengan apa yang boleh dan bisa dikerjakan dan hal-hal apa yang seharusnya dihindari.

No comments:

Post a Comment

Adbox