Breaking

LightBlog

Wednesday 5 December 2012

Sekilas PPLH PUNTONDOH

Latar Belakang


Berlokasi di tepi laut Dusun Puntondo, dengan ombak yang tenang dan alam pedesaan yang masih kental dengan budaya lokal, rumah-rumah panggung berjajar sepanjang jalan dengan masyarakat yang ramah. Peletakan batu pertama pada 18 Agustus 1998, dan diresmikan pada 15 Oktober 2001.

PPLH merupakan lembaga Non Pemerintah yang bergerak di bidang Pendidikan Lingkungan Hidup Non Formal, yang secara legal berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Lingkungan Hidup Puntondo (YPLHP).

Terbentuknya PPLH di Sulawesi Selatan dilatarbelakangi oleh rasa kepedulian terhadap kerusakan lingkungan yang terjadi begitu cepat dan keberadaannya tidak lepas dari peran serta dan dukungan masyarakat, LSM, Universitas, sekolah-sekolah, pemerintah dan individu.


Visi:
Terwujudnya masyarakat yang peduli dan sadar terhadap lingkungan hidup untuk mencapai kehidupan yang harmonis.

Misi:

Menjadi lembaga swadaya masyarakat yang mandiri dan independen, mendorong dan mengajak masyarakat untuk lebih sadar dan peduli terhadap lingkungan melalui pendidikan lingkungan hidup.

Strategi:
- Memberikan kesempatan belajar kepada kelompok-kelompok dan individu untuk memahami isu-isu lingkungan melalui pelatihan dan program yang ditawarkan.
- Menyebarkan informasi lingkungan kepada kelompok sasaran yang lebih luas melalui buletin, poster dan buku-buku yang diterbitkan.
- Mengintegrasikan pendidikan lingkungan hidup melalui kurikulum pendidikan formal.
- Menunjukkan contoh konkret yang bisa dilakukan untuk memperbaiki masalah lingkungan, membantu mencetak motivator atau individu yang mandiri untuk mengelolah lingkungan dan kegiatan mereka.


Media PLH 

Lokasi PPLH Puntondo seluas 4 ha. lebih berada di pinggir laut. Area tersebut didesain sedemikian rupa sehingga menjadi tempat media pendidikan lingkungan hidup dan setiap orang bisa melihat sendiri bagaimana contoh-contoh penerapan pengelolaan lingkungan yang sederhana dan praktis. PPLH Puntondo memanfaatkan alam sebagai media pembelajaran, didukung oleh ekosistem laut dan darat Puntondo yang cukup lengkap dan unik.  Bagi siapa saja yang berkunjung ke PPLH Puntondo tidak diperbolehkan merusak habitat, ataupun biota yang ada. Jadi lebih ditekankan pada penghargaan terhadap makhluk hidup.


Media dan peralatan pendidikan:

- Kebun sayur, buah dan tanaman obat
- Peternakan
- Tempat pembibitan
- Budidaya rumput laut
- Pengelolaan limbah domestik padat menjadi pupuk kompos
- Pemanfaatan lahan sempit (kebun vertikal dan kebun horisontal)
- Teknologi tepat lingkungan (Solar cooker, destilasi air,
  penjernihan air, arang briket dll.
- Perahu motor,

- Snorkel, masker, pelampung dan fin
- Slide projector
- VCD, LCD projector
- Tape recorder


dan lain-lain
  Fasilitas

 

Sebagai sarana penunjang kegiatan pendidikan lingkungan hidup, di PPLH Puntondo disediakan beberapa fasilitas antara lain:

Pendopo: berfungsi sebagai tempat menerima tamu ataupun bersantai setelah berprogram. Tim PPLH Puntondo akan menemani Anda dalam mendapatkan berbagai informasi tentang lingkungan hidup . Di pendopo juga Anda dapat membaca majalah dinding (mading) PPLH Puntondo yang berisikan foto-foto dan tips-tips lingkungan.

Perpustakaan:  memiliki berbagai macam koleksi buku tentang topik lingkungan hidup maupun topik umum. Juga tersedia kliping, majalah, leaflet , brosur dan lain-lain.
Suasana yang tenang didukung oleh kicauan burung dan suara ombak yang terdengar sayup-sayup membuat suasana membaca Anda lebih nyaman. Perpustakaan kami dapat dimanfaatkan oleh semua masyarakat tanpa terkecuali untuk menambah ilmu dan pengetahuan, juga sebagai bahan referensi untuk mendukung program kami.


Ruang seminar:   Ruang ini didesain sedemikian rupa sehingga peserta merasakan suasana nyaman, hidup serta tidak memerlukan bantuan peralatan audio untuk memperkeras suara. Ruangan ini khusus untuk lokakarya, seminar, diskusi atau pertemuan lainnya dengan daya tampung ideal 80 orang.


Asrama: terdiri dari bangunan kembar berdaya tampung 32 orang dengan harga yang relatif murah. Asrama laki-laki (16 orang) dan asrama perempuan (16 orang). Dilengkapi dengan kamar mandi yang unik, sambil mandi bisa melihat alam terbuka dan merasakan angin sepoi-sepoi.


Bungalo:  terdapat 6 bungalo. Dua bungalo masing-masing 4 orang lengkap dengan handuk dan sabun mandi. Empat bungalo maksimal 8 orang. Setiap bungalo ada kamar mandi yang didesain sedemikian rupa sehingga mencerminkan kamar mandi yang ramah lingkungan. Sambil mandi pun bisa memandang bunga-bunga, langit yang biru, dan mendengar kicauan burung.
Suasana alam yang damai dan tenang akan membuat Anda terkesan dan akan terkenang sepanjang masa.


Restoran:   menyajikan dan menyediakan berbagai jenis menu tradisional yang tidak mengandung bahan penyedap, pewarna, pengawet dan pemanis . Selain itu tempatnya sangat strategis sehingga Anda bisa melihat pemandangan yang indah, melihat aktivitas masyarakat nelayan, dan bisa berinteraksi dengan alam sambil menikmati hidangan.
Staff PPLH akan melayani Anda dengan ramah ,senang hati, dan menjelaskan informasi tentang PPLH. Anda bisa belajar tentang makanan ekologis dan makanan yang identik dengan makanan tradisional. Selain itu bisa membeli souvenir hasil kreativitas Staff PPLH. Restoran PPLH tidak hanya untuk peserta program tetapi terbuka untuk umum.

Secara umum fasilitas tersebut digunakan untuk kelompok-kelompok yang akan melakukan program, tetapi tidak menutup kemungkinan juga bisa dimanfaatkan oleh individu maupun keluarga yang ingin liburan atau rekreasi. Semua bangunan berbentuk rumah panggung khas Sulawesi Selatan.



Volunteer

Bagi Anda yang  tertarik untuk  berbuat sesuatu untuk lingkungan atau  ingin mendapatkan pengalaman di bidang pendidikan lingkungan hidup, maka Anda bisa menjadi tenaga sukarela (volunteer) di PPLH Puntondo. Waktunya terserah Anda, dan bila tertarik silakan hubungi kami dan kami akan memberikan informasi yang selengkapnya.
Dukungan anda sangat diharapkan karena kami sebagai LSM memerlukan bantuan dari semua pihak dengan berbagai latar belakang.
Kami menghargai segala bentuk bantuan, baik dalam pengembangan program dan media atau metode pengajaran, permainan dengan target sasaran yang dinamis, atau dalam hal praktis lain.
Jejaring, hubungan publik dan promosi misi kami di tingkat nasional dan internasional juga kami perlukan. Kemampuan tim kami dalam berbahasa Inggris dan atau bahasa asing lain masih sangat terbatas.
Perhatian dan pengembangan lebih lanjut untuk fasilitas kami juga masih dibutuhkan dalam rangka meningkatkannya ke tingkat dan standar yang mencerminkan tujuan kami untuk membangun lingkungan yang sehat, berkelanjutan dan dengan keanekaragaman yang tinggi.
Silakan hubungi kami dan memberikan informasi mengenai keahlian dan minat anda, kerangka waktu serta keperluan anda. Kami akan segera menghubungi anda untuk menawarkan kesempatan jika kami mampu menyerap dan belajar dari keahlian anda, dan jika anda juga berminat untuk beradaptasi dengan kami saat menjadi bagian dari tim kami.

Kemitraan

K
egiatan kami  mendapat dukungan dari beberapa lembaga lain yaitu: 
Plan International  yang mendukung kegiatan lokakarya, pelatihan, dan pendampingan untuk masyarakat di Kabupaten Takalar, Jeneponto, dan Bantaeng tentang penghijauan pekarangan, pencegahan erosi, gizi keluarga,pelatihan untuk pelatih, pelatihan pemandu kelompok anak, lokakarya pendidikan lingkungan hidup untuk guru-guru, publikasi dan pelatihan perpustakaan desa.  Mulai tahun 1994 - sekarang.
SARI (Belanda) yang mendukung pembangunan fisik, pendampingan masyarakat, dan proyek pendidikan lingkungan hidup & pembangunan berkelanjutan di daerah pesisir Sulawesi Selatan. Mulai tahun 1997 - sekarang. 
GTZ (Jerman) juga mendukung pembangunan fisik dan pendampingan masyarakat tahun 1997-2001.
CEPI (Canada) mendukung program pendidikan lingkungan hidup untuk sekolah pada tahun 2001. 
British Council mendukung program peningkatan kesehatan masyarakat dan pekarangan pada tahun 1996.
Australia Maritime mendanai Lokakarya kelautan pada tahun 1998.
Hans Seidel Foundation (HSF) (Jerman) mendukung lokakarya guru SMP dan pelatihan SDM pada tahun 1998.
Kedutaan New Zealand terlibat dalam program pemanfaatan pekarangan, kesehatan, ternak dan kelautan pada tahun 1998-2001.
UNDP/GEF/YBUL mendukung lokakarya kelautan, pendampingan sanitasi, pelatihan guru, dan pertanian pada tahun 1998 - 2000.
WWF Wallacea menyelenggarakan Training of Trainers Reef Check pada tahun 1999.
Dinas Kehutanan/PKT Takalar mendukung penanaman bakau di pesisir Puntondo pada tahun 1999.
The Coral Reef Aliance mendanai program konservasi terumbu karang pada tahun 2002.
Radio Bharata (Makassar) secara rutin memberi kesempatan kepada PPLH Puntondo untuk menyiarkan berita-berita lingkungan. 
Ashoka mendukung Lokalatih Pengelolaan Lingkungan dalam perspektif Manajemen Resiko Bencana dan Bebagi Pengalaman pada tahun 2003.
BIMAesw Kerjasama Pelatihan Guru - "Penerapan Metode Pembelajaran Aktif di Kelas" (Agustus 2006 - Maret 2007)
PanEco (Swiss) mendukung PPLH Puntondo dalam kegiatan promosi pada tahun 2006.
Untuk ke depannya kami juga mengharap bisa bekerjasama dengan banyak pihak.
Angkutan Umum:

Dari Bandara Hasanuddin:
- Naik pete-pete: Jurusan terminal Daya - Pete-pete jurusan terminal Sentral - Terminal
  Sungguminasa - naik pete-pete jurusan Mangadu
- Naik Ojek ke Puntondo.

Atau:
Naik taxi langsung ke Terminal Sungguminasa - sambung pete-pete jurusan Mangadu - Dari Mangadu naik ojek ke Puntondo

Dari Pelabuhan di Makassar:
Naik pete-pete jurusan terminal Sentral/becak ke Sentral - dari Sentral ke Terminal Sungguminasa dan ikuti jalur di atas.



Naik kendaraan pribadi:

Dari Makassar: lewat Sungguminasa, Takalar dan Topijawa ke Cikuang. Dari Cikuang ke desa Laikang dan terus ke dusun Puntondo.
Puntondo sekitar 60 km dari Makassar.



 
PPLH Puntondo

Kantor (Office)
Jl. Serigala No. 122
P.O. Box 1650

Makassar
 Sulawesi Selatan
Indonesia
tel/fax: +62 411 858202 

Lokasi (Location): Dusun Puntondo, Desa Laikang
Kec. Mangarabombang, Kab. Takalar
Sulawesi Selatan

e-mail:

website:



No comments:

Post a Comment

Adbox